Berlomba Reguk Sukses di Jalur E-commerce

Berlomba Reguk Sukses di jalur E-commerce

ecommerce indonesiaBisnis e-commerce tengah mendapatkan momentum untuk berkembang jauh lebih pesat saat ini. Sejumlah factor semisal makin besarnya angka melek internet di masyarakat, dan makin terjangkaunya telepon pintar ikut mendukung kemajuan bisnis e-commerce di tanah air.

“World is on your palm now”. Tak salah jika kini muncul adagium yang menyatakan demikian, bahwa dunia kini sudah ada di telapak tangan anda. Semua kebutuhan dan keinginan bisa diatur hanya dengan sentuhan jari pada gadget yang ada di telapak tangan, atau pada keyboard computer. Entah itu pengiriman dana atau transfer hingga transaksi pembelian serta penjualan barang. 

Berterima kasih tentunya pada kemajuan teknologi berupa sambungan internet yang kini bisa dihadirkan tak hanya di layar computer, namun juga pada telepon pintar yang mudah dibawa-bawa. Dan fenomena ini tentu tak lagi baru di dalam negeri, kendati banyak yang menilai cukup terlambat jika dibandingkan dengan Negara lain. Angka pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia sendiri menjadi daya dukung perilaku pragmatis ini. Jika merunut hasil riset nasional yang dilakukan oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2014 lalu, diketahui bahwa angka pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta orang. Naik 34,9% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 71,9juta pengguna. Sebuah angka kenaikan yang sangat besar.

Tingginya angka pengguna internet di dalam negeri menjadi peluang buat para pelaku usaha, untuk mulai mempromosikan, menjajakan barang dan layanan jasanya lewat jaringan internet. Setidaknya langkah ini meniru kesuksesan sejumlah usaha penjualan online di sejumlah Negara maju. Tengok saja amazon atau ebay yang terlanjur menjadi tolok ukur besarnya sebuah badan usaha yang sukses menjalankan bisnis transaksi secara online atau yang kita kenal dengan istilah ecommerce.
(dirangkum dari majalah Indonesian industry – September 2015 vol iv)

0 komentar:

Posting Komentar