Membuka Ceruk Pasar Lewat E-Commerce

Sebuah transaksi kini tak lagi mengandalkan moment emu muka. Adalah teknologi sambungan internet lewat sejumlah aplikasinya yang memungkinkan langkah ini bisa terjadi. Dan bukan hal baru lagi kini sebuah transaksi entah sebuah pembelian, penjualan, atau pengiriman dana sudah bisa dilakukan tanpa harus bergerak meninggalkan rumah. 


Dan menariknya pertumbuhan angka pengguna internet di dalam negeri mengalami pertumbuhan yang sangat tajam dalam beberapa kurun waktu terakhir. Bahkan dari tahun 2013 ke tahun 2014 terjadi peningkatan sebesar 34,9%, dari sebanyak 71,9 juta pengguna menjadi 88,1 juta pengguna pada tahun lalu.

Momentum yang sangat ciamik buat para pelaku usaha untuk gencar melakukan penawaran usahanya lewat jaringan internet, atau terjun ke bisnis jasa e-commerce. Dan belakangan memang tumbuh subur layanan-layanan jasa ecommerce yang muncul di ranah bisnis tanah air. Sebut saja BukalapakCom, OLXCom, atau yang baru-baru hadir seperti Elevania dan MatahariMallCom. Kalau untuk jualan retail online bidang fashion, contohnya butik baju anak muslim online.

Semua pelaku usaha jasa ecommerce ini berkeyakinan bahwa mereka akan menikmati pertumbuhan bisnis sebagai imbas dari semakin meleknya masyarakat terhadap layanan internet. Efisiensi dan efektifitas yang ditawarkan lewat jalur ecommerce memang digadang-gadang menjadi satu kelebihan utama dibanding transaksi yang dilakukan secara offline.

Melihat semakin maraknya bisnis ecommerce ini, maka akan semakin penasaran siapa yang akan Berjaya dan meraup untung yang besar di bisnis ecommerce ini. (disadur dari Editorial Note majalah Indonesian Industry).

0 komentar:

Posting Komentar