Model Ecommerce Yang Berkembang Di Indonesia

Model Ecommerce Yang Berkembang Di Indonesia
Sejalan dengan perkembangan industri ecommerce di Indonesia, sejauh ini terdapat beberapa model ecommerce yang dijalankan di dalam negeri. Yang pertama mungkin tak boleh dilupakan soal media shop, dimana transaksi ecommerce terjadi dengan memanfaatkan social media yang popular digunakan oleh masyarakat. Bahkan ada perusahaan ecommerce yang memanfaatkan langsung media social tersebut sebagai bisnis untuk membangun bisnisnya.

Model Ecommerce Di Indonesia

Berikutnya yang dikenal adalah model classifieds atau daftar iklan baris. Di model ini penyedia jasa ecommerce tidak terlibat langsung dalam proses jual beli yang terjadi karena perusahaan hanya menjadi penyedia perantara yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam suatu tempat. Perusahaan yang cukup popular menjalankan bisnis ecommerce model classified adalah OLX yang awalnya bernama tokobagus, dan belakangan telah mengakuisisi berniaga. Com. Di model classified ini, perusahaan ecommerce juga menjadi perantara dana pembayaran layaknya escrow account, demi menjaga keamanan transaksi dan menumbuhkan kepercayaan di kalangan pengguna jasa. Bukalapak.com misalnya, seperti disampaikan CEO nya Achmad Zaky, dana hasil transaksi akan mengalir ke bukalapak terlebih dahulu. Kalau barangnya sudah dikirim ke pembeli, baru dananya akan ditransfer ke penjual oleh pihak bukalapak. Sementara itu, keuntungan yang diperoleh oleh bukalapak berasal dari fitur promosi penjualan premium.

Model ecommerce lainnya yang juga bermunculan adalah model marketpace. Selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang dagangannya, perusahaan ecommerce ini memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan, dimana pada umumnya perusahaan ecommerce dengan model marketpace ini memberikan layanan escrow account atau rekening pihak ketiga. Pemain besar yang menggunakan model ecommerce ini adalah tokopedia dan lamido serta elevania. FJP kaskus juga bisa digolongkan dalam golongan market place ini.

Ada pula model ecommerce yang unik dan kini mulai dikembangkan di Indonesia. Yakni yang dijalankan mataharimall.com milik kelompok usaha lippo. Unik karena mataharimall ini adalah versi online dari Matahari Departemen Store milik grup lippo.

Model bisnis ecommerce lainnya yaitu ecommerce shopping mall, dimana model bisnisnya mirip dengan market place namun penjual yang ada hanya brands besar saja. Contoh model ini adalah Blibi.com.

Berikutnya adalah model bisnis toko online B2C (business to customer). Bisnis ini lebih focus pada penjualan barang atau produk milik perusahaan. Contohnya adalah Lazada, Bhineka, dan Berry Benka. Namun Lazada masih memiliki layanan marketplace C2C.

Selain itu, ada juga bisnis ecommece model daily deals. Model ini menawarkan diskon paket produk. Di Indonesia, pemainnya adalah Groupon, HargaHot, dan eVoucher.  
(dirangkum dari majalah Indonesian industry – September 2015 vol iv)

Advertisement!
Bagi ayah bunda yang sedang mencari perlengkapan/ kebutuhan bayi seperti: gendongan bayi neo cuddleme carrier, buku bantal, sepatu bayi untuk prewalker/ walker shoes, bedong bayi instan HSP, popok kain, bobita baby wrap, cuddleme easy wrap, nursing cape, sabuk bonceng motor untuk anak, jas hujan khusus anak serta kebutuhan bayi lainnya, bisa mengunjungi webstore IniBabyShop.com - Toko perlengkapan bayi online!

1 komentar:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH BASKORO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH BASLORO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH BASKORO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH BASKORO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH BASKORO sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH BASKORO DI 085-217-344-419 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW..

    BalasHapus