Kisah Sosro Bisa Sampai Sehebat Sekarang #FromZeroToHero


Setelah posting sebelumnya tentang Teh Botol Sosro, tapi bagaimana kisah teh botol sosro hingga sebesar sekarang? Yuk, kita intip kisah teh botol sosro dari kultwit @tangandiatas

Mau tau gimana perusahaan Sosro bisa sampai sehebat sekarang? ikuti sejarah bisnisnya ...
- Tahukah anda, bahwa 20 thn pertama dalam bisnisnya, penjualan teh botol Sosro tidak selaris sekarang? #Zero2Hero
- Berawal dari strategi menghadapi penjualan panen daun teh milik sendiri yg harganya terus melorot hingga Sosrodjojo menjual eceran...
- Teh siap seduh dg brand Teh Cap Botol dg jenis Jasmine Tea itu sebetulnya enak, hanya saja cara meraciknya kurang bagus #Zero2Hero
- Kegagalan2 komunikasi takaran pas itu akhirnya mengashilkan ide brillian : membotolkan teh! #Zero2Hero
- Ini mendorong anak2 Sosrodjojo berkampanye mengenai takaran pas meracik teh yg enak, tapi hasilnya tetap nihil #Zero2Hero
- Sosrodjojo kemudian mewariskan perkebunan dan pabrik teh kpd 4 org anaknya : Soetjipto, Soegiharto, Soemarsono dan Surjanto #Zero2Hero
- Caranya, mereka memutar lagu dg keliling di mobil dan mengundang warga dg pengeras suara ttg pembagian teh gratis #Zero2Hero
- Program itu adl demo menyeduh teh yg benar dan memberi bukti bahwa teh wangi adl minuman yg enak #Zero2Hero
- Surjanto yg baru plg dr sekolah di Jerman diserahi tugas pemasaran dg program "cicip rasa" #Zero2Hero
- Penonton menyukai teh tsb, tp menunggu segelas teh selama 30 menit adl hal yg membosankan. Cara tsb gagal #Zero2Hero
- Setelah masyarakat berkumpul banyak, mereka mendemokan cara menyeduh Teh Cap Botol dg benar #Zero2Hero
- Pd masa awal, pembotolan dilakukan manual. Teh dimasukkan botol menggunakan gayung dan corong #Zero2Hero
- Hingga akhirnya ditemukanlah cara efisien utk membotolkan teh karena dinilai sgt efisien #Zero2Hero
- 1969 keluarga Sosrodjojo memulai penjualan teh siap minum dg label "Teh Cap Botol Soft Drink Sosrodjojo" #Zero2Hero
- 1972 dg botol yg sama, label diubah penulisannya dg tulisan "Cap" yg lbh kecil, shg sepintas terbaca "Teh Botol" saja #Zero2Hero
- Tulisan "Softdrink" juga dihilangkan, dan kata "Sosrodjojo" dipangkas menjadi "Sosro" saja dalam logo bulat merah #Zero2Hero
- Sinar Sosro sekaligus memisahkan bisnis dari usaha perkebunan Teh Gunung Slamet yg memiliki ribua hektar di Jabar dan Jateng #Zero2Hero
- Sinar Sosro adl pabrik pembotolan di kawasan Ujung Menteng yg mampu mengemas 6000 botol per jam #Zero2Hero
- 1974 pengiriman mencapai 100 krat per hari (1 krat isi 24 botol), keluarga sepakat mendirikan Sinar Sosro #Zero2Hero
- Strategi Soetjipto adl Teh Botol dijual dibawah harga parkir. Dan pedagang kaki lima boleh menjual maks 2x lipatnya #Zero2Hero
- Terobosan strategi terbesar tjd pd 1981 ketika mereka membagi-bagikan kotak pendingin diatas roda dorong kpd pengecer #Zero2Hero
- Teh yg dingin makin menonjolkan kesegaran Teh Botol Sosro di tengah udara Jakarta yg panas #Zero2Hero
- Kedekatan dg pedagang pengecer di tingkat kaki lima justru amat menentukan kesuksesan Teh Botol Sosro ini sendiri #Zero2Hero
- Margin keuntungan tinggi bagi pengecer itu adl kompensasi saat toko2 besar menganggap aneh minuman teh dlm botol #Zero2Hero
- Inventaris botol ditetapkan minimal 2x lipat dari jumlah teh botol yg ada di distributor, shg tdk pernah kehabisan #Zero2Hero
- Distribusi dikelola oleh 7 perusahaan pribadi yg menyentuh seluruh nusantara shg sulit disabotase pesaing #Zero2Hero
- 1984, Sosro sdh bisa menjual 40.000 krat setiap bulannya. Mereka kuasai 80% pasar dan menyisakan 20% utk 11 merk saingan #Zero2Hero
- Keperkasaan Sosro bertambah setelah berhasil mengakuisisi McDonnald yg selama 18 thn di Indonesia resto itu hanya menyediakan CocaCola...
- Bisnis Sosro kini masuk generasi ketiga dg taksiran aset senilai Rp. 10 Trilyun #Zero2Hero
- Pangsa pasar Sosro nyaris tidak berubah, meski dikepung merk2 Teh yg disokong perusahaan global macam Cocacola dan Pepsi #Zero2Hero
- Keuntungan Sosro disebut-sebut sudah mencapai Rp. 1.8 Trilyun pada 2008 lalu #Zero2Hero
- Demikian kultwet #Zero2Hero malam ini tentang perjalanan kesuksesan Sosrodjojo memulai bisnis Teh Botolnya #Zero2Hero
- Semoga seri kultweet #Zero2Hero tadi menginspirasi anda semua. Jangan lupa kita akan lanjut kultweet #Zero2Hero edisi 3 besok malam 7pm
- Sosro yg sebesar ini sekarang ternyata melewati banyak kegagalan di setiap prosesnya. So.. masih takut gagal memulai bisnis? #Zero2Hero
- 63 tahun Sosro menjadi sebesar ini. Kalau kamu masih 2-3 tahun baru bisnis lalu nyerah, ahhh wajar kalau tidak bisa sebesar Sosro #Zero2Hero

0 komentar:

Posting Komentar