Membaca Buku adalah Menemukan Keyword



Salam hangat,
Di zaman sekarang, dimana kuda sudah tidak gigit besi lagi, karena besinya sudah habis untuk bahan kontruksi. Maka dunia juga telah berubah dengan dimilikinya katalog, perpustakaan, dan yellow pages bersama di internet yang kita biasa sebut Google. Atau lazimnya Google juga kita sebut sebagai mesin pencari

Nah untuk mencari suatu informasi tersebut di Google, seperti kita ketahui bahwa kita harus mengetik 'keyword' atau kata kunci, supaya dihubungkan ke informasi penting yang kita butuhkan.

Dalam dunia bisnis yang saya jalani, membaca buku adalah seperti mencari dan menemukan 'keyword' alias kata kunci yang penting untuk mengembangkan bisnis.

Sebagai contoh, membaca buku Financial Revolutionnya Tung Desem, saya menemukan keyword 'bekerjasama dengan yang terbaik dan membuat nilai tambah'. Dari buku-bukunya Kiyosaki saya menemukan keyword 'membangun bisnis besar dan bersistem'.

Nah dari buku Business & Beyond pak Badroni founder TDA, saya menemukan keyword 'bisnis low cost dan high cash'. Buku-bukunya Donald Trump membuat saya peroleh kata kunci 'percaya diri dan komitmen pada kualitas. Dalam bukunya Seth Godin ada keyword dibidang marketing yang sangat kuat saya gunakan, yakni 'small is the new big dan menjadi sapi ungu'.

Dan tentu saja masih banyak keyword penting yang saya ambil dan praktekkan dari buku-buku yang lainnya. Uniknya setiap dari kita bisa jadi menemukan keyword yang berbeda dalam buku yang sama. Yah, kemungkinan karena kita bisa memiliki sudut pandang yang berbeda dalam memahami sebuah buku dan tentu saja karena kondisi dan pengalaman yang berbeda untuk dikorelasikan dengan buku tersebut.

Bahkan, kalau kita baca ulang sebuah buku yang pernah kita baca, ada kemungkinan kita menemukan keyword baru yang kita anggap penting saat ini.

Mampu menemukan sebuah keyword saja dari sebuah buku, dan kita aplikasikan, bisa jadi akan berarti besar dan dahsyat bagi perjalanan bisnis kita. Apalagi kita bisa menemukan banyak keyword.

Mencoba berbagi keyword...Itulah juga yang mendorong saya menulis buku Sederhana Tapi Dahsyat (STD), yang sudah beredar di toko buku Gramedia hampir seminggu ini. Buku ini juga sempat di bahas ketika saya menjadi tamu Wacanda Bisnis Pas FM 92.4 Radio Bisnis Jakarta dua minggu lalu. Hasil dari pembelajaran serta praktek bisnis belasan tahun saya coba tuangkan dalam buku ini.

Saya sendiri tidak tahu keyword apa yang bisa Anda temukan dari buku ini. Kecuali Anda telah membacanya dan menemukannya sendiri untuk kemajuan bisnis Anda.
Jika sudah membaca dan menemukannya saya sangat bahagia untuk mendengar cerita Anda di mustofa.zenith@gmail.com atau twitter @tofazenith.

Semoga Anda beruntung dapat menemukan keyword penting untuk membangun bisnis Anda.

Salam STD (Sederhana Tapi Dahsyat)

MR - Mustofa Romdloni
Entrepreneur & Book Author “Sederhana tapi Dahsyat”

sumber: milist TDA

0 komentar:

Posting Komentar