Mengapa Harus Berbisnis Dengan Toko Online?


Berkembangnya teknologi dan meluasnya jaringan internet di Indonesia, ternyata seiring sejalan dengan pertumbuhan toko online di negara kita. Tak jauh berbeda dengan aktivitas jual beli di toko konvensional, bisnis toko online juga memudahkan calon konsumen untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka setiap harinya.
Bila sebelumnya masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan transaksi jual beli konvensional, sekarang ini mereka mulai tertarik untuk berbelanja via online, mengingat proses transaksinya terbilang praktis dan biayanya relatif cukup ekonomis. Bahkan, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sekarang iin jumlah pengguna Internet di Indonesia telah mencapai angka lebih dari 45 juta orang.
Tentunya kondisi ini cukup menguntungkan para pelaku bisnis online di Indonesia, sehingga tidak heran bila belakangan ini pertumbuhan toko online sendiri terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan sampai sekarang ini peningkatannya diperkirakan bisa mencapai presentase sekitar 50%.
Karenanya, bagi Anda para pemula maupun pelaku pasar konvensional yang masih ragu dan bertanya-tanya mengapa harus berbisnis dengan toko online? Berikut kami informasikan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menekuni bisnis toko online.
  • Jumlah pengguna internet terus bertambah
Melihat hasil survey dari beberapa ahli yang menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia lebih dari 45 juta orang dan berdasarkan data dari lembaga riset International Data Corporation (IDC) melaporkan nilai transaksi jual beli lewat Internet di Indonesia sepanjang tahun lalu telah mencapai US$3,4 miliar atau sekitar Rp 30 triliun, tentunya menjadi salah satu bukti nyata bagi pelaku bisnis toko online bahwasannya pasar online di negara kita terbilang masih sangat potensial.
  • Akses internet yang murah dan mudah
Jika dibandingkan dengan layanan akses internet sekitar 5 tahun yang lalu, saat ini jaringan internet lebih mudah diakses oleh setiap orang dan bahkan sudah banyak layanan internet gratis yang memudahkan konsumen untuk melakukan aktivitas belanja di dunia maya. Keuntungan ini tentunya tidak hanya dirasakan para konsumen, namun juga memberikan  kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk bisa mengetahui cara membuat toko online yang bisa mendatangkan banyak pelanggan.
  • Bisnis toko online tidak membutuhkan banyak modal
toko online gratisSalah satu keunggulan dari bisnis toko online adalah bisa menekan modal seminim mungkin. Bahkan, tak sedikit pelaku bisnis toko online yang bisa mengawali usahanya tanpa modal sama sekali. Sebab, mereka memanfaatkan toko online gratisan sebagai lapak dagang di dunia maya. Untuk bisa membuat toko online gratis, Anda bisa memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook atau bisa juga mengoptimalkan peran marketplace seperti misalnya bisnisUKM.com untuk membuka lapak dagang di dunia maya. Mengingat sekarang ini jasa pembuatan toko online terbilang mahal dan membutuhkan pengelolaan yang tidak mudah, Anda bisa menyiasati keterbatasan modal dengan memanfaatkan marketplace gratisan maupun berbayar untuk mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Nah, setelah membahas beberapa kelebihan dari bisnis toko online, kini giliran Anda untuk segera mulai action dan mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

sumber: bisnisUKM.com

0 komentar:

Posting Komentar