Apa Penyebab Toko Online Cepat Tumbang?



Jakarta - Tren e-commerce alias perdagangan via internet semakin marak belakangan ini. Namun menggelar bisnis online menghadirkan kesulitan tersendiri jika tidak serius, dan kemungkinan tidak dapat bertahan lama.

Pengalaman membuka toko online penah dilakukan oleh Ghea Oktarin, wanita yang dikenal sebagai penyanyi. Dia mengaku pernah membuka toko online meskipun tidak bertahan lama.

"Waktu itu saya masih mahasiswa. Karena banyak waktu luang akhirnya ingindo something dan akhirnya coba bisnis online," katanya dalam acara Ngopi Bareng detikINET, Senin (18/6/2012).

Namun demikian, bisnis tersebut akhirnya tutup. Salah satu penyebabnya, menggelar bisnis online ternyata membutuhkan komitmen kuat karena sifat operasionalnya yang terus menerus.

"Tidak bisa setengah-setengah, komitmennya harus 24 jam. Karena konsumennya kan terus ada, jadi tidak sanggup kalau harus ngerjain sendiri," sebutnya.

Pengalaman buka toko online kemudian tutup juga pernah dialami seorang tamu yang hadir dalam diskusi online saat ini. Alasannya kurang lebih sama, dia hanya menganggapnya sebagai usaha sampingan sehingga akhirnya terbengkalai. 

Ghea pun menyarankan agar fokus dan berkomitmen saat menggelar bisnis online. Berani mencoba?

sumber

0 komentar:

Posting Komentar