Dampak Bisnis Online

Dampak Bisnis Online
By Mulianto Phang

Kemarin ada yang menanyakan tentang apa dampak bisnis online sekarang ini,maka kita angkat tema ini. Sebenarnya Bisnis Online tidak berbeda jauh dengan bisnis offline, hanya media dan caranya yang berbeda. Tapi pada dasarnya konsep tetap sama, yaitu pertukaran jasa/tenaga/produk dengan uang yang saling menguntungkan. Mengapa di sebut saling menguntungkan, karena bila tidak saling menguntungkan maka bisnis tsb tdk akan berlangsung lama. Setuju bila hanya penjual yang untung dan merugikan pembeli, maka seiring waktu semua orang akan tahu
   


Karena dari 10 orang yang merasa dirugikan akan keluar 7 cerita dari 7 orang tersebut yang merasa dirugikan kepada orang lain. Dan juga dari 10 orang yang merasa diuntungkan akan keluar 2 cerita saja dari 2 orang yang diuntungkan kepada orang lain. Namanya adalah Promosi Word Of Mouth, atau promosi mulut lewat mulut, dan biasa efeknya besar terhadap produk yg dibicarakan. Dari dulu sebelum adanya bisnis online juga sudah ada promosi mulut lewat mulut ini, maka bisnis harus yang baik

Bisnis Online menggunakan metoda online, atau internet yang mana batasan antar negara tidak ada lagi. Asalkan sudah terhubung ke internet, semua bisa di raih oleh bisnis online ini, baik produk jasa ataupun produk lainnya.
Beberapa dampak penting dari Bisnis Online adalah beberapa hal dan pasti pernah dialami
  1. Banyak bisnis Online baru bermunculan, karena modal memulai bisnis online tidak sebesar bisnis offline
    Biasa bisnis offline modal terbesar adalah menyewa Toko dan juga stok produk untuk di display. Dengan bisnis online, bermodal sebuah domain cantik dan sistem penjualan online, bisnis bisa beroperasi segera.
  2. Penghematan waktu terjadi karena transaksi jual beli bisa dilakukan dari mana saja asal terhubung ke internet
    Konsumen di kalimantan memesan produk dari toko online yang ada di jakarta dan pengiriman bisa sampai dalam 1 hari saja.
  3. Bisnis Kurir domestik menjadi lebih ramai karena adanya transaksi bisnis online
    Para pelaku bisnis online pasti menggunakan jasa kurir untuk pengiriman barang ke konsumen
  4. Training" bermunculan yang mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online
    Sebelum ikut traning perhatikan siapa pemberi training, pelaku atau hanya yang hidup dari menjual seminar
  5. Persaingan menjadi lebih bebas dan memberi keuntungan untuk konsumen dan juga tentunya pelaku bisnis online
    Tidak ada batas antar daerah atau negara lagi.Bila harga lebih murah maka konsumen akan melakukan transaksi dengan toko online tersebut.
  6. Pemilik usaha bisa melakukan bisnisnya dari rumah tanpa harus ke kantor/toko, menghemat waktu dan bensin
    Bahkan saat anda sedang liburan pun transaksi bisa di pantau dan dilakukan secara online.
  7. Produk yang sudah masuk Internet, bisa lebih mudah ditemukan oleh semua pengguna internet seluruh dunia.
    Banyak search engine yang akan melakukan iklan secara gratis untuk anda, karena mereka butuh konten untuk di suguhkan kepada pencari data di internet.
Nah 7 hal tersebut merupakan beberapa dampak dari bisnis online, jangan sampai anda hanya jadi pengamat saja. Untuk mulai bisnis online mudah kok, cukup modal kurang lebih 1.2jt untuk website selama 1 tahun. Lalu modal produk bisa stok produk atau mencari supplier produk yang melakukan sistem reseller sehingga tidak perlu stok
Dan tinggal anda promosi sebisa mungkin di forum, di sosial media, ke teman dan kenalan anda sekalian.

Siapa tahu dari bisnis online yang anda rintis secara konsisten akan menjadi perusahaan raksasa yang mengubah hidup orang banyak. Siapkan mental dan pengetahuan untuk memulai bisnis online. Terus belajar dari berbagai sumber di internet.
Selamat bagi anda yang memutuskan untuk memulai bisnis online. Tidak ada waktu yang tepat selain saat ini. Demikian sharing kali ini, semoga Dampak bisnis online mengubah hidup anda dan orang sekeliling anda

sumber

0 komentar:

Posting Komentar