Langkah Sederhana Menetapkan Target Penjualan
Langkah pertama sebelum menentukan
strategi jualan untuk produk Anda yaitu menetapkan target jualan. Setiap
aktivitas marketing dan penjualan sangat perlu menetapkan target
jualan. Target ini akan menjadi acuan untuk penetapan rangkaian strategi
jualan yang akan kita gunakan.
Penerapan strategi jualan perlu diterapkan mengacu pada konsep smart (specific, measureable, attainable, relevant and Timely)
Spesifik : Target jualan harus spesifik, jangan terlalu umum
Measureable : Target jualan harus terukur
Attainable : Memungkinkan untuk diterapkan
Relevant : Relevan sesuai dengan strategi
Timely : Tentukan periode waktu dari target jualan
Menetapkan target jualan memiliki
beberapa kegunaan penting untuk para pebisnis. Target jualan perlu
ditetapkan agar pebisnis memiliki kerangka kerja dan acuan untuk setiap
strategi yang ditetapkan. Target jualan sangat penting ditetapkan
sehingga pebisnis memiliki gambaran strategi jualan apa saja yang akan
diambil. Setelah mempunyai target jualan diharapkan pebisnis juga
terpacu untuk mengejar target tersebut dan bahkan bisa melampauinya.
Tips Untuk Pebisnis
- Pada saat awal tetapkan target jangan terlalu tinggi, karena pada saat awal kita belum mengetahui tren penjualan kita
- Target jualan perlu meningkat secara bertahap, ini merupakan salah satu indicator pertumbuhan bisnis
- Lakukan monitoring dari proses jalannya penjualan, bandingkan kembali dengan target jualan
- Taruh target jualan di tempat yang mudah terlihat sehingga jadi pemicu semangat pebisnis dan tim sales
0 komentar:
Posting Komentar