11 Kunci Sukses Bisnis Toko Online
Online shop atau
yang dikenal dengan toko online adalah suatu jenis usaha di dunia
Internet yang sangat naik daun akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko
online memang menjadi konsekuensi logis dari tingginya tingkat penetrasi
akses Internet di masyarakat Indonesia. Makin banyak konsumen
potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya.
Akan tetapi di
balik kemudahan membuka sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan
datangnya laba yang cepat dan mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja
keras untuk membuat nama toko online Anda bisa terangkat. Dan modal
yang digunakan juga lumayan tinggi untuk itu.
Inilah 11 hal yang perlu Anda perhatikan secara seksama saat hendak membuka sebuah toko online.
Dengan memfokuskan perhatian pada 11 poin ini, peluang untuk berhasil
mendulang rupiah dengan toko online niscaya akan lebih tinggi.
Poin 1: Foto produk
Bila Anda menjual
produk yang bisa dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa)
menjadi hal wajib. Mengapa? Karena manusia sangat memercayai indra
penglihatannya. Peluang untuk membeli akan lebih tinggi jika Anda
mengunggah foto di samping deskripsi produk yang Anda jual. Oleh karena
itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana memungkinkan.
Poin 2: Kontak lengkap
Berikan alamat
kontak yang jelas dan bisa didatangi secara fisik karena karakter
masyarakat kita yang masih belum percaya sepenuhnya pada toko online
yang tidak memberikan alamat yang jelas. Berikan sebanyak mungkin
alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor telepon, nomor ponsel, PIN
BlackBerry, alamat surel, Yahoo Messenger dan sebagainya.
Poin 3: Respon cepat
Saat calon pembeli
menghubungi via telepon, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk
memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang
sibuk. Dengan mengabaikan mereka, peluang untuk mereka kembali lagi akan
makin kecil.
Poin 4: Balas calon pembeli meski terlambat
Seperti sudah
dikemukakan tadi, kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang
penting, meski terlambat pun cobalah untuk memberikan respon. Jangan
diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu potensi besar? Tak jarang banyak
orang yang setia menunggu tanggapan Anda tetapi sudah lupa karena
padatnya aktivitas.
Poin 5: Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak
alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan
sampai Anda mengandalkan hanya satu bank saja. Setidaknya miliki satu
rekening di bank swasta nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin
banyak alternatif yang memudahkan, makin bagus.
Poin 6: Hindari perang harga
Perang harga
memang menyenangkan bagi konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa
meraup lebih banyak pelanggan. Tetapi ini bukan hal yang akan membawa
kesuksesan dalam jangka panjang apalagi jika harga yang murah membuat
kualitas produk atau layanan Anda memburuk. Usahakan kualitas tak
terpengaruh secara signifikan oleh patokan harga yang rendah.
Poin 7: Berikan kepastian dan tepati
Transparansi
mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa
sampai ke tangan pembeli merupakan sebagian hal yang diinginkan
kepastiannya dari seorang penjual di toko online. Jangan mempermainkan
pelanggan dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan
janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi usaha akan hancur lambat
laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi
pengiriman barang agar si pembeli bisa
periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.
Poin 8: Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online
memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan,
jelaskan cara membeli dengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik
membeli produk tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan SMS
dengan aturan/ kode tertentu atau mengirimkan sejumlah dana dengan
aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh tetapi cukup rumit di
pelaksanaannya.
Poin 9: Perincian harga barang dan ongkos kirim
Berikan rincian
harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan
jarak yang menyebabkan perbedaan tarif pula. Jangan sampai merugikan
salah satu pihak. Setelah calon pembeli pesan produk, berikan
konfirmasi mengenai harga dan ongkos kirim.
Poin 10: Update terus menerus
Apa yang terpikir
saat kita membuka toko online yang informasinya sudah begitu lama tidak
diperbarui. Mungkin satu bulan, dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda
tidak memperbarui situs toko online Anda dengan sesuatu yang baru, makin
rendah minat konsumen untuk datang apalagi bertransaksi. Adanya
pembaruan menandakan adanya denyut kehidupan dalam bisnis Anda.
Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin
informasi-informasi
menarik dan ringan bagi pengunjung.
Poin 11: Desain dan navigasi yang ramah
Ramah di sini
tentu dimaksudkan untuk pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau
glamor, yang terpenting adalah fungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang
gaptek sekalipun bisa menjelajahi situs toko online Anda dengan baik?
Jika iya, selamat. Situs Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli.
Desain yang digunakan juga tentukan kecepatan loading laman web toko
online. Konsep desain yang sederhana lebih bermanfaat. Apalagi jika
calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan
pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi
para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs
Anda.(*AP)
0 komentar:
Posting Komentar