Senjata Bisnis Online
Membicarain bisnis online makin lama-makin seru ya..
Selalu ada hal baru yang bisa dibahas dan dioptimalkan. Secara mendasar
ada 7 senjata yang bisa kita optimalkan untuk bisnis kita. Mulai dari
yang gratisan sampai sedikit bermodal. Kok Sedikit sih? ya, dibanding
dengan buka toko / ruko, bisnis di online jauh membutuhkan modal uang.
Modalnya semangat, kerja keras, membangun tim, fokus, komitmen.
Yuks sedikit kita bahas 7 senjata yang perlu dioptimalkan
1. Search engine : Hampir 95% pengguna internet adalah pengguna
internet. Google, yahoo, bing adalah pintu masuk di bisnis kita.
Kesempatan besar sekali jika kita bisa mengoptimalkan search engine. Mau
Pakai SEO silahkan, mau pakai adwords juga okay. Yang penting adalah
pelajari seksama, dan optimalkan.
2. Twitter : Kini twitter sebagai senjata untuk meraup mobile user
yang makin hari makin rame. Tentu teknik optimasi social media butuh
waktu, kesabaran, dan strategy yang tepat.
3. Facebook : walau terkesan kuno, facebook tetap powerful untuk
pemasaran dan membangun komunitas di internet. Facebook sebagai sarana
untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, testimoni, dan saluran
transaksi
4. Youtube : Semakin baiknya akses internet di indonesia, tentu video
konten menjadi salah satu alternatif media baru. Prinsipnya tetap sama
dengan social media, bagaimana bisnis kita bisa membantu calon pelanggan
kita.
5. Domain : Jika dirasa sudah mulai membesar, pertimbangkan segera
memiliki domain berbayar sendiri. Tentu pemilihan domain sendiri tidak
mudah, karena nama domain keyword tentu sudah pada laku. Coba strategi
dengan brand domain atau corporate domain. Oh ya… sekalian saja
investasi di marketing domain dengan membeli long-tail-keyword untuk
mendapatkan traffic
6. Komunitas : membangun komunitas online sangat penting lho. Ada
beberapa format yang dapat digunakan seperti forum base, atau sederhana
dengan milis ataupun facebook base. Alternatif lain dengan membuat
subscriber management
7. Blackberry dan Android : Kedekatan dengan calon pelanggan
sangatlah penting. Sarana mobile sekarang perlu dilengkapi juga.
Pelanggan selalu berharap dapat add PIN BB anda, atau komunikasi melalui
LINE dan whatsapp
Tujuh hal diatas termasuk banyak atau sedikit ya? Tentu tergantung. Apakah 7 hal tersebut cukup untuk bisnis online? Tentu tergantung juga. Apa kunci kesuksesannya adalah fokus.
Ada seorang sahabat yang punya account di berbagai tools social media,
forum, portal toko online, tapi ternyata hasilnya nol besar karena tidak
pernah fokus. Semuanya isinya tidak jelas. Jualan barang A, jualan
barang B, sedia jasa A, B, C, D…..
Terlalu banyak mau, malah tidak dapat apa – apa…
Jadilah purple cow. Sapi ungu yang cantik dan membuat yang memandang tidak pernah melupakannya
0 komentar:
Posting Komentar